Cara Matching Antena Menggunakan Rig Expert

09 May 2021 - Kategori Blog

Rig Expert adalah alat yang cukup banyak digunakan oleh para teknisi radio di Indonesia untuk menguji kelayakan kabel dan matching antena. Harganya yang cukup mahal tentu dibarengi dengan kualitas yang cukup bagus, sekalipun tidak semua ada fitur anti-RF untuk menghindari gangguan pemancar radio lain (Fitur anti-RF hanya tersedia pada AA-500 and AA-520).

Rig Expert ini berguna untuk mengarahkan kita ke frekuensi yang dituju, tapi untuk hasil maksimal tentu saja harus menggunakan pemancar 1000 watt langsung agar bisa diketahui watt reflek yang sesungguhnya. Tapi pada dasarnya jika sudah didapat di bawah 1.08 hasilnya sudah cukup bagus.

Berikut contoh hasil pembacaan rig expert di menu All Param :

Setelah di SWR chat ketemu bahwa antena sudah matching di frekuensi yang Anda tentukan, misalnya 107.9, maka silahkan klik menu All Parameter. Berikut nilai yang harus Anda dapatkan untuk mengetahui apakah antena sudah matching betul atau belum :

|Z| = impedansi = 50 ohm (nilai 48-52 ohm masih wajar)
R = sama atau mendekati nilai |Z|
X = < 4
RL = > 48
Phase = ga usah diperhatikan (hanya perhatikan jika menggunakan antena sistem bay, karena phasenya sebisa mungkin harus sama)

Berikut langkah-langkah yang harus Anda perhatikan untuk mendapat hasil matching yang bagus :

1. Cari tempat yang lapang agar diputar ke arah mana saja hasilnya sama.

2. Ketinggian pipa untuk tes minimal 2 meter.

3. Sambungkan kabel yang akan dipakai ke antena dan ke rig expert. Jika kabelnya bagus, maka hasil pembacaan menggunakan kabel ataupun langsung ke antena akan hampir sama.

4. Setelah ketemu hasil SWR yang bagus dan paramter lainnya bagus, baru genjot dengan pemancar 1000 watt agar tahu reflectednya. Setelah itu ubah sedikit-sedikit antenanya agar refleknya mendekati nol.

, ,

 
Chat via Whatsapp